Motto....

Satu hari tidak belajar, itu kesalahan...!! Tiga hari tidak belajar, itu kemunduran...!! Dengan kita membiasakan belajar sesuatu yang baru setiap hari maka kehidupan kita akan lebih sukses dan lebih bernilai.....,,

Senin, 22 Februari 2010

Altikel

" Memasak Dengan Kompor Listrik Ternyata Lebih Sehat Ketimbang Dengan Gas "

Temuan itu diungkapkan Ann Kristin Sjaastad dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia dalam sebuah penelitian. Studi Sjaastad menemukan memasak dengan gas menghasilkan lebih banyak asap ketimbang listrik.

Menurut Badan Riset Kanker Internasional, asap yang dihasilkan saat menggoreng dalam suhu tinggi bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker. Asap dari aktivitas memasak mengandung polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs), heterocyclic amines, aldehida, serta partikel-partikel halus lainnya.

Sjaastad dan tim membuat sebuah dapur seperti di restoran-restoran Eropa Barat. Dapur itu berisi kompor gas dan listrik. Para peneliti menggoreng 17 potong steak daging sapi dengan margarin dan minyak kedelai selama 15 menit.

Satu-satunya PAH yang ditemukan adalah naphtalene, saat menggoreng dengan margarin di atas kompor gas. Adapun tingkat tertinggi partikel-partikel sangat halus yang mudah masuk ke paru-paru, juga dihasilkan saat menggoreng dengan gas. "Koki profesional paling berisiko, tetapi studi lebih lanjut diperlukan untuk mengukur level risiko mereka," kata Sjaastad. (EP/HealthDay news/X-9)

Sumber : Media Imdonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar